100 Soal Teori Kejuruan Perhotelan Dan Kunci Jawaban - foldersoal.com


Kepariwisataan Soal Ujian SMK Perhotelan

1.      Orang yang melakukan perjalanan dari satu tempat  ketempat lain guna tujuan wisata maupun bisnis disebut dengan:
A.       Pariwisata
B.        Wisatawan
C.        Destinasi
D.       Objek Wisata
E.        Kepariwisataan

2.      Yang dimaksud dengan kegiatan wisata adalah:
A.       Kegiatan mencari keuntungan
B.        Kegiatan perjalanan dinas sekolah
C.        Kegiatan perjalanan guna mengunjungi suatu daerah wisata
D.       Kegiatan berpindah dari satu daerah ke daerah lain
E.        Semuanya Benar

3.      Daerah yang dijadikan sebagai tujuan dari wisatawan adalah pengertian dari:
A.       Destinasi Wisata
B.        Pariwisata
C.        Wisatawan
D.       Objek Wisata
E.        Kepariwisataan

4.      Daerah wisata yang memiliki kondisi keindahan alamnya dan lingkungan dengan segala sumber daya alam yang dimilikinya sendiri dan bukan  buatan manusia adalah pengertian dari:
A.       Destinasi Wisata Alam
B.        Destinasi Wisata Buatan
C.        Destinasi Wisata Bahari
D.       Destinasi Wisata Ekonomi
E.        Destinasi Wisata Budaya

5.   Daerah yang dijadikan/daibuat oleh manusia sendiri untuk menjadi suatu objek wisata  adalah pengertian dari.
A.       Destinasi Wisata Alam
B.        Destinasi Wisata Buatan
C.        Destinasi Wisata Bahari
D.       Destinasi Wisata Ekonomi
E.        Destinasi Wisata Budaya

6.   Sehimpunan bidang usaha yang  bergerak dalam menyajikan dan memberikan berbagai jasa dan barang yang dibutuhkan oleh tamu adalah pengertian dari:
A.       Pariwisata
B.        Objek Wisata
C.        Kepariwisataan
D.       Industri Pariwisata
E.        Semua Salah

7.   Penyedia akomodasi penginapan serta penunjang kebutuhan tamu lainnya merupakan pengertian dari:
A.       Restaurant
B.        Hotel
C.        Money Changer
D.       Sport Facility
E.        Ball Room

8.   Penyedia jasa penukaran uang, dari uang asing ke uang local atau kebalikannya merupakan pengertian dari:
A.       Restaurant
B.        Hotel
C.        Money Changer
D.       Sport Facility
E.        Ball Room

9.   Salah satu fasilitas berbayar yang bisa digunakan oleh tamu yang menginap di hotel untuk mengadakan Rapat dan Pertemuan merupakan pengertian dari:
A.       Restaurant
B.        Hotel
C.        Money Changer
D.       Sport Facility
E.        Ball Room

10.     Industri yang bergerak pada bidang penyediaan makanan dan minuman yang dikelola secara komersil merupakan pengertian dari:
A.       Restaurant
B.        Hotel
C.        Money Changer
D.       Sport Facility
E.        Ball Room

11.     Salah satu unsur yang ada dalam industry pariwisata adalah Accesbility, yang  dimaksud dengan accesbility adalah:
A.       Kemudahan mendapatkan tempat menginap
B.        Kemudahan untuk dikunjungi dan diakses
C.        Kemudahan untuk mendapatkan makanan dan minuman
D.       Kemudahan untuk mendapatkan kegiatan yang menyenangkan
E.        Semuanya benar

12.     Salah satu unsur yang ada dalam industry pariwisata adalah Accomodation, yang  dimaksud dengan Accomodation adalah:
A.       Kemudahan mendapatkan tempat menginap
B.        Kemudahan untuk dikunjungi dan diakses
C.        Kemudahan untuk mendapatkan makanan dan minuman
D.       Kemudahan untuk mendapatkan kegiatan yang menyenangkan
E.        Semuanya benar

13.     Salah satu unsur yang ada dalam industry pariwisata adalah Activities, yang  dimaksud dengan Activities adalah:
A.       Kemudahan mendapatkan tempat menginap
B.        Kemudahan untuk dikunjungi dan diakses
C.        Kemudahan untuk mendapatkan makanan dan minuman
D.       Kemudahan untuk mendapatkan kegiatan yang menyenangkan
E.        Semuanya benar

14.     Analisis industry pariwisata merupakan kegiatan:
A.       Menillai dan memberikan gambaran terhadap suatu objek wisata
B.        Memberikan informasi tentang wisatawan
C.        Memberikan informasi tentang Destinasi Wisata
D.       Memberikan gambaran tentang kemajuan wisatawan
E.        Semuanya Salah

15.     Analisis SWOT menganalisis 2 faktor yaitu:
A.       Faktor Internal dan Intern
B.        Faktor Eksternal dan Ekstern
C.        Faktor Internal dan Eksternal
D.       Faktor Pendukung dan Penghambat
E.        Faktor Penghambat dan Pendorong

16.     Tour De Singkarak 2017 merupakan salah satu event pemerintah yang berbentuk
A.       Sport Tourism
B.        Culture Tourism
C.        Natural Tourism
D.       River tourism
E.        Air tourism

17.     Dalam melakukan analisis SWOT , Strength merupakan unsur internal yang ada pengertian dari strength adalah:
A.       Kelemahan
B.        Kesempatan
C.        Kekuatan
D.       Peluang
E.        Harapan
18.     Yang dimaksud dengan struktur organisasi adalah:
A.       Gambaran hirarki kepimimpinan suatu organisasi
B.        Gambaran besar kecilnya gaji karyawan
C.        Gambaran suatu kelebihan dan kekurangan suatu perusahaan
D.       Gambaran fungsi dan manfaat suatu perusahaan
E.        Semuanya salah

19.     Industri yang menyediakan oleh-oleh yang bisa dibeli oleh wisatawan merupakan pengertian dari:
A.       Restaurant
B.        Hotel
C.        Money Changer
D.       Sport Facility
E.        Souvenir Shop

20.     Yang dimaksud dengan “Wonderful Indonesia” dalam program kepariwisataan Indonesia adalah:
A.       Indahnya Indonesia
B.        Alam Indonesia
C.        Objek Wisata Indonesia
D.       Kunjungi Indonesia
E.        Semua Benar

21.     Yang merupakan penyebab mundurnya industry pariwisata suatu Negara adalah bencana buatan manusia, salah satu contoh bencana buatan manusia adalah:
A.       Tsunami
B.        Gempa Bumi
C.        Teror Bom
D.       Angin Topan
E.        Banjir

22.     Salah satu pengertian wisata adalah kegiatan yang bersifat komersil, pengertian komersil adalah:
A.       Kegiatannya bersifat sosial
B.        Kegiatannya bertujuan untuk membantu sesama
C.        Kegiatannya bertujuan mencari keuntungan
D.       Kegiatannya bertujuan mencari petualangan
E.        Semua Benar
23.     Pertunjukan tari, musik, upacara adat dan pertunjukan daerah setempat merupakan pengertian dari.
A.       Biro Perjalanan
B.        Atraksi Wisata
C.        Travel agent
D.       Akomodasi
E.        Tour dan Travel

24.     Suatu badan usaha yang memberikan pelayanan semua proses perjalanan dari awal hingga selesai perjalanan disebut dengan:
A.       Biro Perjalanan
B.        Atraksi Wisata
C.        Hotel
D.       Akomodasi
E.        Bar

25.     Jabatan tertinggi yang ada di hotel adalah:
A.       General Manager
B.        Front Office Manager
C.        Houkeeeping Manager
D.       Manager On Duty
E.        Supervisor

26.     Usaha yang menyediakan fasilitas pertemuan, rapat dan acara acara seperti pameran merupakan usaha:
A.       Travel Agent
B.        MICE
C.        Tour Operator
D.       Jasa Informasi Wisata
E.        Jasa konsultan Wisata

27.     Orang yang secara langsung bertugas untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan dalam kegiatan wisatanya disebut dengan:
A.       Pramuwisata
B.        Pramusaji
C.        Pramuniaga
D.       Hotelier
E.        Waiter

28.     Yang merupakan manfaat positif dari kegiatan pariwisata adalah:
A.       Menghabiskan sumber daya alam
B.        Menambah sumber daya alam
C.        Menambah kepadatan penduduk
D.       Memudarnya kebudayaan Setempat akibat budaya baru yang datang
E.        Menambah Perekonomian daerah wisata

29.     Yang merupakan dampak negatif dari kegiatan pariwisata  segi budaya adalah:
A.       Menghabiskan sumber daya alam
B.        Menambah sumber daya alam
C.        Menambah kepadatan penduduk
D.       Memudarnya kebudayaan Setempat akibat budaya baru yang datang
E.        Menambah Perekonomian daerah wisata

30.     Salah satu event internasional bersepeda yang diadakan di Sumatera Barat dinamakan dengan:
A.       Padang Maraton
B.        Padang Triatlon
C.        Tour De Bukittinggi
D.       Tour De Payakumbuh
E.        Tour De Singkarak

31.     Kumpulan dari beberapa industry yang mebentuk kesatuan dan tujuan yang sama adalah pengertian dari:
A.       Organisasi
B.        Grup
C.        Kelompok
D.       Kumpulan
E.        Bagian

32.     Kumpulan dari beberapa industry pariwisata yang mebentuk kesatuan dan tujuan mengembangkan industry pariwisata adalah pengertian dari:
A.       Grup Pariwisata
B.        Kelompok Pariwisata
C.        Organisasi Pariwisata
D.       Kumpulan Pariwisata
E.        Dinas Pariwisata

33.     Organisasi kepariwisataan secara umum dibagi menjadi berapa organisasi:
A.       1
B.        2
C.        3
D.       4
E.        5

34.     Organisasi pariwisata internasional dunia yang dinamakan dengan WATA adalah organisasi yang bertugas untuk:
A.       Mempublikasi kepariwisataan Negara anggotanya ke seluruh dunia
B.        Membantu pertumbuhan ekonomi Negara anggotanya
C.        Membantu pertumbahan keamanan Negara anggotanya
D.       Membantu perkembangan pariwisata dari segi modal
E.        Membantu perkembangan pariwisata dari segi kemanan

35.     Organisasi kepariwisataan Regional memiliki ruang lingkup dan tugas mencakup:
A.       Negara Indonesia Saja
B.        Seluruh Negara di Dunia
C.        Negara-Negara Anggota  Asean
D.       Negara-Negara tetangga
E.        Semua Benar

36.     ASEANTA memiliki tugas sebagai organisasi yang dibentuk untuk:
A.       Mewujudkan kerjasama antar Negara asean untuk meningkatkan kerjasama mempromosikan pariwisata
B.        Mewujudkan kerjasama antar Negara asean untuk meningkatkan kerjasama Ekonomi
C.        Mewujudkan kerjasama antar Negara asean untuk meningkatkan kerjasama kemanan
D.       Mewujudkan kerjasama antar Negara asean untuk meningkatkan hubungan baik antar negara
E.        Mewujudkan kerjasama antar Negara asean untuk meningkatkan kerjasama perjalanan wisata

37.     PHRI merupakan organisasi nasional yang bertugas untuk:
A.       Membantu menjual produk-produk wisata
B.        Membantu mencari wisatawan yang akan dating berkunjung
C.        Membantu anggota dalam memberikan perlindungan, masukan bimbingan dan konsultasi hotel dan restauran
D.       Membantu event-event pemerintah

E.        Membantu menyusun anggaran keuangan suatu hotel
38.     Unsur yang tidak termasuk dalam kegiatan pariwisata adalah:
A.       Kegiatan perjalanan
B.        Kegiatan bertamasya
C.        Kegiatan suka rela
D.       Kegiatan permanen
E.        Semua Benar

39.     Individual tourism merupakan sebutan bagi:
A.       Sekelompok orang yang melakukan kegiatan wisata
B.        Seseorang/keluarga yang melakukan kegiatan wisata
C.        Jasa pariwisata yang disediakan
D.       Kemampuan  wisatawan mengunjungi suatu daerah
E.        Pelayanan yang diterima oleh wisatawan

40.     Usaha yang menyediakan atau mengkoordinasikan tenaga pemandu wisata disebut dengan:
A.       Usaha jasa Pramuwisata
B.        Usaha Informasi Wisata
C.        Usaha Wisata Tirta
D.       Usaha Konsultan Wisata
E.        Usaha Tour Guide

41.     Salah satu organisasi kepariwisataan nasional yang mengurus hotel dan restaurant di Indonesia dalah organisasi:
A.       ASITA
B.        ASEANTA
C.        ATF
D.       PHRI
E.        SEA CENTER

42.     Salah satu unsur pendukung industry pariwisata adalah hotel, pengertian dari hotel adalah:
A.       Industry yang menyediakan makanan dan minuman saja
B.        Industry yang menyediakan kebutuhan olahraga dan istirahat bagi tamu
C.        Industry yang menyediakan jasa penginapan, makanan dan jasa penunjang lainnya
D.       Indusrty yang menyediakan tiket perjalanan wisata
E.        Industy yang menyediakan seluruh kebutuhan tamu

43.     Segala sesuatu yang berhubungan dengan penyelengaraan pariwisata mulai dari perencanaan, pengaturan, pelaksanaan hingga pengawasan adalah pengertian dari:
A.       Pariwisata
B.        Kepariwisataan
C.        Destinasi Wisata
D.       Objek Wisata
E.        Wisata

44.     Sekarang ini industry MICE tumbuh menjadi industry yang dapat diandalkan , kepanjangan dari MICE adalah:
A.       Meeting, Incentives, Conflic & Exhibition
B.        Meeting, Incenta, Conflic & Exhibition
C.        Meet, Incen, Conflic & Exhibition
D.       Meeting, Incentives, Conflic & Exhibit
E.        Meeting, Incentives, Conference & Exhibition

45.     Atraksi seni pariwisata yang berasal dari sumatera barat adalah tari:
A.       Tari Piring
B.        Tari Reog
C.        Tari Ondel-ondel
D.       Tari Sisingaan
E.        Tari jambore

46.     Salah satu unsur pendukung pariwisata sumatera barat adalah :
A.       Perkotaan yang modern
B.        Bangunan kota yang megah
C.        Panorama/keindahan alam yang menarik
D.       Alat transportasi yang banyak dan modern
E.        Hotel/ akomodasi yang lengkap

47.     Jenis hotel berdasarkan lokasi yang mana hotel tersebut  berada di kawasan wisata, hotel tersebut dinamakan:
A.       Hotel City
B.        Resort Hotel
C.        Pilgrim Hotel
D.       Cabana Hotel
E.        Sallet

48.     Jenis hotel berdasarkan lokasi yang mana hotel tersebut  berada di perkotaan, hotel tersebut dinamakan:
A.       Hotel City
B.        Resort Hotel
C.        Pilgrim Hotel
D.       Cabana Hotel
E.        Sallet

49.     Surat izin yang harus dibuat ketika seorang wisatawan ingin pergi keluar negeri adalah:
A.       SIM
B.        KTP
C.        PASPORT
D.       VISA
E.        ATM

50.     Organisasi kepariwisataan buatan pemerintah adalah:
A.       ASITA
B.        DINAS PARIWISATA
C.        DINAS KESEHATAN
D.       ASEAN
E.        ASEANTA

Kepariwisataan Soal Ujian SMK Perhotelan 100 Soal Teori Kejuruan Perhotelan Dan Kunci Jawaban

Soal Teori Kejuruan Perhotelan Dan Kunci Jawaban

 51.    Kartu atau formulir pengawasan yang digunakan oleh bell captain untuk mencatat kegiatan bellboy selama menangani barang bawaan tamu adalah …
A.    Bellboy control sheet
B.    Bell errand card
C.    Group errand card
D.    Errand control sheet
E.    Depature baggage claim

52.    Petugas yang mempunyai wewenang untuk memberikan ijin pindah kamar bagi tamu adalah …
A.    Fo Manager
B.    Bell captain
C.    Housekeeper
D.    Room attendant
E.    Bellman

53.    Informasi kamar-kamar yang sudah diblok untuk tamu rombongan disebut …
A.    Trunk
B.    Rooming lish
C.    Arrival guest list
D.    Depature claim
E.    VIP

54.    Tas bawaan tamu yang berisi pakaian ( jas ) dan penempatannya digantung ditrolley dinamakan …
A.    Brief case
B.    Travel bag
C.    Valet bag
D.    Koper
E.    Trunk

55.    Penitipan barang-barang tamu yang berharga ( valuable things ) ditempatkan pada …
A.    office
B.    store
C.    safety box
D.    box
E.    drawer

56. Dalam pelayanan pada gambar seorang receptionis melakukan registration kepada tamu  pada proses …
A.    Memberikan informasai harga kamar
B.    Memberikan penjelasan fasilitas hotel
C.    Tamu menandatangani registration form
D.    Tamu membayar rekening kamar
E.    Tamu melihat harga kamar
    
57.    Surat yang ditujukan kepada tamu yang akan tiba dihotel dikategorikan sebagai …
A.    Current guest mail
B.    Past guest mail
C.    Future guest mail
D.    Update guest mail
E.    Last guest mail

58.    Daftar yang menyajikan informasi tentang tamu-tamu yang diharapkan tiba pada hari tertentu adalah …
A.    Room ststus report
B.    Expected arrival list
C.    blocking card
D.    bloking room
E.    occupied

59.    Dalam klasifikasi tamu hotel suatu rombongan yang berkunjung kesuatu tempat dinamakan …
A.    Commercially important persone
B.    Group inclusive tours
C.    Specialy interest tours
D.    Free independent travellerst
E.    Domestic tourist

60.  Segala bentuk sikap dan hasil karya yang disadar oleh pola pikir yang positif yang menjiwai pelayanan dihotel sehingga para tamu merasa senang adalah …
A.    Courtesy
B.    Attention
C.    Pre-arrival
D.    The guest cycle
E.    Guest relation

61.  Huruf “ C” pada kata SERVICE mempunyai arti yaitu …
A.    berikan senyum kepada tamu
B.    kerjakan semaksimal mungkin
C.    menciptakan suasana yang akrab
D.    mendekati tamu dengan ramah tamah
E.    memandang dengan penuh perhatian

62.  Dalam mutu pelayanan seorang petugas harus memberikan sambutan yang baik terhadap tamu yang akan menginap di hotel salah satunya adalah…
A.    ramah dan sopan
B.    memekai perhiasan yang berlebihan
C.    berbicara berlebihan
D.    simpatik
E.    bertindak semaunya

63.  Karakter orang dengan tipe cenderung bertindak mandiri,religious,melakukan segalanya dengan sempurna dalam melakukan aktifitas ialah …
A.    common person
B.    continuous karner
C.    critiques
D.    camper
E.    climber

64.  HEAT adalah salah satu metode mengatasi keluhan pelanggan ,yaitu …
A.    Hear them out,speak,ask question,take action
B.    Hear them out,shimphatize,ask question,take action
C.    Hear them out,shimpathize,apologize,take proper anction and follow up
D.    Hear them out ,shimphatize apologize,take advantage
E.    Hear them out,shimphatize,add value,take advantage

65.  Sekumpulan orang yang bergantung pada usaha satu sama lain untuk mencapai sebuah  tujuan yang sama disebut …
A.    Kolega
B.    Teamwork
C.    Tim
D.    Custumer
E.    Organisasi

66.  Sistem pelayanan restoran dimana semua makanan secara lengkap telah tertata dan diatur rapi diatas meja hidang disebut …
A.    Carry out service
B.    Counter sevice
C.    Self service
D.    Russian service
E.    English service

67.  Restoran sebagai revenue production areas mempunyai beberapa macam diantaranya adalah …
A.    Grill room
B.    Room service
C.    Silver ware
D.    Store room
E.    Chef de cuisine

68.  Menempatkan dan mengatur segala sesuatu pada tempatnya untuk  suatu proses pekerjaan pengertian dari …
A.    Mice en place
B.    Preparation
C.    Pesanan
D.    Order taker
E.    Service

69.  Kata “ Menu “ berasal dari bahasa perancis “ Minute “ yang berarti …
A.    Daftar makanan yang disajikan kepada tamu dalam waktu singkat
B.    Daftar makanan dan harga
C.    Daftar sajian kepada tamu
D.    Daftar rincian makanan yang disajikan kepada tamu
E.    Daftar makanan yang dimasak

70.  Para tamu dapat memesan makan dan minum dengan cara menulis pada menu list yang disediakan,cara ini biasanya digunakan untuk makan pagi adalah …
A.    Door knob list
B.    Order taking
C.    Order pad
D.    Taking order
E.    Room sevice operator

71.  Cara memasak dengan menampilkan atraksi di depan tamu Seperti pada gambar adalah …
A.    Juggling
B.    Demontrasi
C.    Flambé
D.    Chopping
E.    Setting table

72.  Tujuan penggunaan bed protector dalam menata tempat tidur adalah …
A.    pelindung api
B.    pelindung debu
C.    penambah empuk pada mattras
D.    pelindung noda
E.    penghias tempat tidur

73.  Jumlah guest supplies dan linen supplies yang di stok pada room attendant trolley berdasarkan pada …
A.    room available
B.    room occupancy
C.    room attendant
D.    room report
E.    expected arrival

74.  sebelum melakukan make up room seorang room attendant melakukan persiapan trolly, berikut teknik yang dilakukan pada gambar adalah …
A.    Menyiapkan perlengkapan
B.    Mengelap debu ( dusting )
C.    Mengecek jumlah linen
D.    Menata guest room
E.    Meletakan trolley ke pantry

75.  Ukuran tempat tidur bervariasi antara hotel satu dengan yang lain.ukuran kamar mempengaruhi jenis tempat tidur.ukuran tempat tidur untuk kamar presidensial suite pada hotel berbintang lima adalah …
A.    90 cm X 200 cm
B.    120 cm X 120 cm
C.    160 cm X 200 cm
D.    180 cm X 200 cm
E.     200 cm X 200 cm

76.  Apa bila tamu tidak mendengarkan anda ( room attendant ) mengetuk pintu,maka anda harus mengucapkan …
A.    “ I am sorry to disturb you,I would come back when it is comvience
B.    May,I clean your room ?
C.    “ Housekeeping ,may I come in ,please ?”
D.    “ Okey thanks you “
E.    “ Excuse me “

77.  Untuk mengurangi beban kerja room attendant,sampah yang dikimpulkan dari kamar tamu ditempatkan pada …. di trolley
A.    Linen hamper
B.    Towel rack
C.    Aminites box
D.    Garbage humper
E.    Plastic bag

78.  Tehnik pembersihan yang dilakukan secara basah adalah …
A.    Shampooing,polishing,mopping
B.    Brushing,damp sweeping,shampooing
C.    Vacuuming,mopping,shampooing
D.    Mopping,damp sweeping,polishing
E.    Brushing,vacumming,shampooing

79. Alat yang digunakan untuk menggosok bath tub ,diding kamar mandi,dan wash basin pada gambar disamping adalah …
A.    carry cady
B.    dry cloth
C.    scourer
D.    dust mop
E.    chamois

80.  Tujuan dari first checking sebelum membersihkan kamar adalah …
A.    mengetahui jumlah kamar
B.    mengetahui keadaan dan status kamar
C.    mengetahui jumlah tamu
D.    mengetahui type kamar
E.    mengecek harga kamar
81.  Teknik yang dilakukan pada pembersihan lantai oleh seorang attendant adalah …
A.    mopping
B.    dusting
C.    brushing
D.    vacuuming
E.    shampooing

82.  Pertimbangan letak meja dan kursi dalam rapat harus diatur sesuai …
A.    Baju peserta rapat
B.    Dekorasi ruangan
C.    Tujuan dan isi acara
D.    Warna kursi
E.    Jumlah peserta rapat

83.  Pertemuan yang biasanya diadakan antar negara dan umumnya dilakukan oleh kepala pemerintahan atau pimpinan pemerintahan dan lembaga pemerintah disebut …
A.    seminar
B.    kongres
C.    konferensi
D.    symposium
E.    semua jawaban benar

84.  penataan tata ruang  meja 6 atau 8 kaki ditempatkan dari ujung ruangan ke ujung lainnya adalah …
A.    gaya banquet
B.    hollow square
C.    chevron
D.    U – shape
E.    Half moon rounds

85.  Rapat informal adalah rapat yang ditinjau berdasarkan …
A.    waktu
B.    tujuan
C.    frekuensi
D.    sifat
E.    tempat

86.  Mesin yang digunakan untuk proses pemerasan adalah ...
A.    polimark machine
B.    spooting board machine
C.    mesin flat work ironer/mangler
D.    drying tumbler
E.    extractor machine

87.  Proses pencucian dengan sistem dry dry cleaning,tidak dicuci menggunakan washing machine tetapi dengan pengasapan ,ini dilakukan pada jenis bahan …
A.    nylon
B.    jeans
C.    polyester
D.    cotton
E.    policotton

88.  Teknik pelipatan linen bersih adalah …
A.    drying
B.    ironing
C.    starch
D.    folding
E.    dry

89.  Dalam pencucian harus diisi berdasarkan berat kering linen yang disesuaikan dengan tingkat kekotoran.Bila mesin cuci 200 kg kain katun dengan tingkat kekotoran 5 % maka dapat diisi dengan jumlah …
A.    190 kg ( 200 kg-(200 kgX5% )
B.    200 kg ( 200 kg-(200 kgX5% )
C.    210 kg ( 200 kg-(200 kg X5%)
D.    220 kg (200 kg-(200 kg X 5% )
E.    230 kg ( 200 kg-(200 kgX5%)

90. Jenis trolley yang dipergunakan pada saat pengambilan dan pengembalian linen dari proses pencucian adalah ...
A.    Housemen trolley
B.    Linen trolley
C.    Room attendant trolley
D.    Room sevice trolley
E.    tray

91.  Formulir yang digunakan untuk acuan membersihkan kamar yang di bawa oleh Room Attendant adalah …
A.   Floor report
B.   Discrepancy report
C.   Lost & Found Report
D.   Room attendant control sheet/work sheet
E.   Housekeeper Report       

92. Dibawah ini yang bukan termasuk dalam kelompok linen supplies adalah…
A.   Face towel
B.   Pillow case
C.   Bath foam
D.   Bath mat
E.   Bed cover

93. Mop, bucket, floor brush termasuk kedalam jenis…
A.   Other supplies
B.   Linen supplies
C.   Cleaning material
D.   Cleaning equipment
E.   Mechanical cleaning equipment

94. Yang termasuk kedalam guest ammenities dibawah ini adalah…
A.   Hair shampoo
B.   Bible
C.   Single sheet
D.   Matches
E.   Stationary

95. Dibawah ini adalah jenis-jenis kunci yang ada digunakan oleh room attendant …
A.   Emergency key
B.   Pass key
C.   Master key
D.   Grand master key
E.   Double lock key

96. Memeriksa fasilitas kamar sesuai dengan prosedur, membuka curtain, menyalakan lampu, mengambil sampah dari kamar mandi dan kamar tidur.Dari penjelasan diatas adalah langkah-langkah ….
A.   Langkah awal dalam menata kamar  tidur
B.   Langkah awal dari turn down service
C.   Langkah awal membersihkan kamar mandi
D.   Langkah awal dalam memasuki kamar
E.   Langkah awal dalam menata tempat tidur

97. Bagian tempat tidur yang berfungsi melindungi kepala dari benturan pada dinding disebut ….
A.   Spring box
B.   Mattras
C.   Bed frame
D.   Bed head board
E.   Helm

98. Kegiatan membuka lena  tempat tidur satu persatu sebelum tempat tidur dibersihkan disebut …
A.   Open bed  
B.   Stripping bed
C.   Making bed
D.   Turn down service
E.   Cleaning the bed

99. Salah satu jenis lena yang berfungsi sebagai penahan keringat dan segala cairan agar tidak langsung masuk ke Mattress disebut …
A.   Sheet
B.   Bed pad
C.   Bed cover
D.   Blanket
E.   Bed runner

100. Jenis linen yang digunakan untuk melindungi tempat tidur dari debu dan juga berfungsi memperindah tempat tidur adalah …
A.   Bed skirt
B.   Sheet
C.   Bed pad
D.   Bed cover
E.   Bed runner

Demikianlah Semoga Soal Teori Kejuruan Perhotelan Dan Kunci Jawaban, ini bermanfaat dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel