Prediksi Soal UNBK SMK Otomotif 2019 - foldersoal.com
Rabu, 25 Maret 2015
Edit
Prediksi Soal UNBK SMK Otomotif 2019 Paling Lengkap Beserta Kunci Jawabannya
1. Fungsi kampas mobil adalah ……….
a. meneruskan putaran roda mesin ke roda gigi transmisi
b. meneruskan putaran transmisi ke gardan
c. meneruskan putaran defferensial ke as roda belakang
d. meneruskan putaran mesin ke gardan
e. meneruskan putaran roda mesin ke as roda depan
2. Apa gunanya matahari kopling …………
a. meneruskan gaya ke transmisi
b. meneruskan dan melepas tekanan kampas kopling ke roda gila
c. melepas putaran transmisi
d. menjaga keausan roda gila dan flanges matahari
e. meneruskan putaran mesin ke putaran roda
3. Apa gunanya coil spring yang mengelilingi kampas kopling
a. menjaga tekanan kampas
b. menjaga fleksibilitas kampas kopling
c. perapat plat kopling dan kampasnya
d. menjaga keausan kampas kopling
e. untuk merapatkan lubang kampas kopling dengan asprimer transmisi
4. Facing, clutch hub, torsiondamper adalah bagian - bagian dari ……….
a. Plat Kopling
b. Kampas kopling
c. Matahari
d. Hendel Kopling
e. hidrolis kopling
5. Clutch Cover, Coil spring, pressure lever, pressure plat adalah bagian - bagiain dari
a. disch breek
b. clutch cover assy
c. release fork
d. master silinder
e. fleksible house
6. Dibawah ini adalah sparepart kopling dengan pegas coil, kecuali ..….
a. jari penekan
b. bantalan
c. garpu kopling
d. pasak penjamin
e. release fork
7. Tutup kopling, gelang diafragma, pegas diafragma meja tekan, bantaran tekan, adalah sebagian sparepart……..
a. kopling dengan pegas diafragma
b. kopling dengan pegas coil
c. penggerak kopling mekanik
d. penggerak kopling hidrolis
e. release fork
8. Release bearing disebut juga …….
a. bantalan pembebas
b. tutup kopling
c. pegas diafragma
d. rumah kopling
e. garpu kopling
9. Tongkat pembebas disebut juga …….
a. release fork
b. release bearing
c. release cover
d. fleksible house
e. push rod
10. Bagian - bagian dari sistim penggerak kopling mekanik sbb. Kecuali ……….
a. clutch cover
b. e-ring
c. clutch release lever
d. clutch pedal
e. push rod
11. Bagian - bagian dari sistim penggerak kopling hidrolis sbb. Kecuali……..
a. pedal kopling
b. master silinder
c. silinder pembebas
d. tongkat pembebas
e. kawat kopling
12. Apa gunanya oil reservoil pada master silinder kopling hidrolis ……
a. tempat oli
b. tempat stenpet
c. tempat kampas kopling
d. tempat pedal kopling
e. tempat pendingin
13. Kopling harus memenuhi persyaratan sbb. Kecuali ……..
a. dapat meneruskan dan menghubungkan putaran engine ke transmisi dengancepat dan lancer
b. tidak mudah selip
c. balance
d. tahan panas dan gesekan
e. tahan panasnya oli
14. Apa gunanya tognkat pembebas kopling …….
a. meneruskan daya dorong dari release fork
b. untuk menekan release bearing sehingga menyentuh pegas
c. menjempit clutch disc terhadap flywhiil\
d. perantara putaran engine ke transmisi
e. untuk memindah gir transmisi
Kunci Jawaban Soal 1-14 :
1. A 6. E 11. E
2. B 7. A 12. A
3. B 8. A 13. E
4. A 9. A 14. B
5. B 10.E
15. Untuk menghindari berkurangnya efek pendinginan yang disebabkan pembekuan air yang ada yang ada pada fin pada evaporator yang telalu dingin <0°C pada system AC maka dipasang peralatan tambahan …………
A. Anti Frosting Devices
B. Elemen pemanas
C. Pressure switch
D. Blower
E. Sirip-sirip
16. Untuk mengontrol tekanan pada sisi tekanan tinggi apabila pada sisi tekanan tinggi terjadi tekanan berlebih atau terlalu rendah, maka secara otomatis akan menyetop switch sehingga magnetic clutch menjadi off pada system AC maka dipasang peralatan tambahan………….
A. Anti Frosting Devices
B. Elemen pemanas
C. Pressure switch
D. Blower
E. Expansion valve
17. Dibawah ini merupakan jenis compressor system AC tipe rotary adalah ………..
A. Tipe crank
B. Tipe swash plate
C. Tipe Reciprocating
D. Tipe in line
E. Tipe Through Vane
18. Komponen pada system AC yang berfungsi memutus dan menghubungkan putaran kompresor dengan putaran mesin adalah …………
A. Kompresor
B. Kondensor
C. Katup ekspansi
D. Manometer
E. Kopling magnet
19. Diagnosa awal pada kerusakan system AC adalah ………..
A. Pemeriksaan tekanan pada kondensor
B. Pemeriksaan temperature pada receiver dryer
C. Pemeriksaan temperature pada evaporator
D. Pemeriksaan tekanan pada katup ekspansi
E. Pemeriksaan temperature pada katup ekspansi
20. Untuk mencegah mesin mati saat system AC dinyalakan pada kendaraan maka dilengkapi dengan ………..
A. Thermostat
B. Idle up
C. Pompa akselerasi
D. Choke
E. Putaran stasioner
21. Alat yang berfungsi untuk mengosongkan dan mengisi refrigerant pada system AC dinamakan …
A. Pressure gauge
B. Manifold gauge
C. Receiver dryer
D. Sight glass
E. Kompresor
22. Untuk mengetahui penuh atau tidaknya Freon saat diisi adalah sebagai berikut ………..
A. Dengan melihat pada kaca pengontrol
B. Dengan melihat tekanan pada manometer
C. Mengisi sesuai dengan pendingin yang masuk kedalam system
D. Dengan menimbang tabung Freon
E. Jawaban A, B, dan C benar
23. Apabila pada evaporator terbentuk Kristal es, hal ini disebabkan kerusakan yang terjadi pada….
A. Thermostat
B. Kondensor
C. Kompresor
D. Blower
E. Fan
24. Setelah selesai proses pengosongan, tutup kedua katup dan tunggu kurang lebih 15 menit, hal ini diperlukan untuk ……………..
A. Agar system tetap dalam keadaan vacuum
B. Memeriksa kebocoran dalam system
C. Memastikan system bekerja dengan baik
D. Mudah dalam memasukan refrigerant
E. Menjaga agar system tetap bersih
25. Komponen system AC yang berfungsi untuk menampung sementara Freon yang mengalir dan memisahkan kandungan air adalah …………….
A. Kompresor
B. Dryer
C. Evaporator
D. Kondensor
E. Katup ekspansi
26. Pernyataan yang tidak tepat tentang fungsi system AC (Air Conditioner) pada kendaraan adalah
A. Mengontrol temperature
B. Memurnikan temperature
C. Mengontrol kelembaban
D. Mengontrol sirkulasi udara
E. Memurnikan udara (Purification)
27. Jenis kompresor dimana sisi piston yang berfungsi hanya satu sisi saja dan pada kepala silindernya terdapat dua katup yaitu katup hisap dan katup penyalur adalah……..
A. Kompresor tipe Rotary
B. Kompresor tipe Crank
C. Kompresor tipe vane
D. Kompresor tipe swash plate
E. Kompresor tipe reciprocating
28. Kompresor system penyejuk udara yang terdiri dari sejumlah piston dengan interval 72° untuk kompresor 10 silinder dan interval 120° untuk kompresor 6 silinder adalah ……….
A. Rotary
B. Crank
C. Vane
D. Swash plate
E. Reciprocating
29. Untuk mengindra suhu agar ruang penumpang tetap terjaga kelembabannya adalah fungsi dari
A. Pressure switch
B. Relay
C. Manometer
D. Pressure gauge
E. Thermostat
30. Oli kompresor yang digunakan untuk Refrigerant R 12 adalah……..
A. Pelumas mineral
B. Pelumas ester
C. Pelumas Castrol
D. Pelumas enduro
E. Gemuk Kunci Jawaban Soal 15-30 :
21. B
22. E
23. D
24. B
15. A 25. B
16. C 26. B
17. E 27. E
18. E 28. D
19. D 29. E
20. B 30. A
31. Vernier caliper mempunyai beberapa kegunaan, dibawah ini yang bukan kegunaan dari vernier caliper adalah …..
a. mengukur diameter dalam
b. mengukur kerenggangan
c. mengukur tinggi
d. mengukur diameter luar
e. mengukur lebar
a. 6,15 mm
b. 5,00 mm
c. 6,00 mm
d. 5,5 mm
e. 5,15 mm
33. Clutch hub berfungsi untuk …..
a. media gesek roda gila
b. meredam getaran saat kopling terhubung dengan roda gila
c. bagian yang berkaitan dengan poros input transmisi
d. tempat menampung kotoran dan debu pada plat kopling
e. tempat untuk mengukur ketebalan kanvas kopling
34. Komponen kopling yang berfungsi untuk merubah energi hidrolis menjadi mekanis adalah…
a. Bantalan pembebas
b. Garpu pembebas
c. Silinder pembebas
d. Pegas diagfragma
e. Pressure plate
35. Clutch hub dan shifting key ditunjukkan pada nomor ……
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 2 dan 3
e. 3 dan 2
35. Komponen transmisi yang berhubungan dengan kopling adalah…
a. Input shaft transmission
b. Output shaft transmission
c. Counter shaft
d. Counter gear
e. Shift fork
37. Komponen transmisi yang berhubungan dengan propeller shaft adalah…
a. Input shaft transmission
b. Output shaft transmission
c. Counter shaft
d. Counter gear
38. Untuk mengoperasionalkan transmisi yaitu merubah dari kecepatan yang satu ke kecepatan yang lain, maka pada transmisi dipasang….
a. Mekanisme selector d. Shift fork lock
b. Shift lever e. shift fork head
c. Shift fork
a. pinion gear dan ring gear
b. drive pinion dan side gear
c. ring gear dan pinion gear
d. ring gear dan side gear
e. side gear dan drive pinion
40. Bagian yang meneruskan putaran dari mesin kepada ring gear, adalah
A. Drive pinion
B. Crownwheel
C. Side gear
D. Satelit gear
E. Ring gear
41. Posisi pemasangan ring gear adalah dibautkan pada ?
41. Posisi pemasangan ring gear adalah dibautkan pada ?
A. Differential housing
B. Axle shaft
C. Differential case
D. Conters shaft
E. A, b dan c benar
42. Nama komponen gambar B di samping adalah:
42. Nama komponen gambar B di samping adalah:
A. Ring gear D. Front
B. Drive pinion E. Final gear
C. Differential gear
A. Ring gear D. Front
B. Drive pinion E. Final gear
C. Differential gear
44. Fungsi suspensi adalah seperti dibawah ini, kecuali
a. Menghantarkan gerakan roda dari kendaraan ke jalan
b. Mengabsorsi dan meredam getaran bodi akibat kondisi jalan
c. Menghantarkan gerakan roda dari kendaraan ke jalan
d. Mengabsorsi dan meredam getaran bodi akibat kondisi jalan
e. supaya kendaraan yang dikendarai dapat berjalan dengan maju dan mundur sehingga kenyamanan dan keamanan terjamin
45. Keuntungan suspensi independen dibanding suspensi aksel rigid adalah sebagai berikut, kecuali
a. Gerakan salah satu roda tidak mempengaruhi roda yang lain
b. Membutuhkan sedikit tempat
c. Titik berat kendaraan dapat lebih rendah, sehingga aman dan nyaman untuk kendaraan
d. Daya pemegasan dapat lebih lembut
e. Sebagai penghubung antara roda dengan chasis atau bodi kendaraan
46. Pernyataan dibawah ini penyebab kopling bergetar adalah sebagai berikut, kecuali..
a. Pegas kopling lemah.
b. Drag lager lemah.
c. Kontak permukaan disc rusak
d. Clutch disc habis.
e. Torsion rubber
47. Dibawah ini adalah komponen-komponen pengoperasian kopling sistem hidrolik, kecuali
a. Master silinder kopling.
b. Silinder kopling .
c. Pipa hidrolik
d. Pegas pengendali pedal kopling.
e. Pedal kopling
48. Sebutkan type gigi kemudi seperti gambar di bawah
a. Bola bersirkulasi
b. Roll dan cacing
c. mur baut bersirkulasi
d. rak dan pinion
e. Nut and worm
49. Nama bagian-bagiannya Gigi kemudi type rak dan pinion
a. 1.Baut penyetel 2 Pinion 3Rack.. 4Rack end5. Unit gigi kemudi 6. Tie rod end
b. 1. Baut penyetel 2 Pinion 3Rack.. 4Rack end.5 Tie rod end 6.Unit gigi kemudi
c. 1. Baut penyetel 2 Pinion 3Rack..4. Tie rod end 5.Rack end.6.Unit gigi kemudi
d. 1.Pinion 2.Rack..3.Rack end.4.Unit gigi kemudi 5.Tie rod end. 6. Baut penyetel
e. 1.Rack.. 2.Rack end3.Unit gigi kemudi 4. Tie rod end. 5.Baut penyetel 6.Pinion
50. Berapakah hasil pembacaan dari jangka sorong tersebut ?
A. 10,2 mm
B. 11 mm
C. 11,8 mm
D. 12 mm
E. 12,8 mm
51. Motor diesel menggunakan bahan bakar di bawah ini untuk pembangkit dayanya, :
a. Avture
b. Solar
c. Bensin
d. Gas
e. LPG
52. Pembakaran pada motor diesel terjadi pada saat posisi piston :
a. Awal langkah kompresi
b. Awal langkah isap
c. Akhir langkah kompresi
d. Akhir langkah isap
e. Awal langkah buang
53. Komponen untuk memasukkan bahan bakar diesel ke dalam ruang pembakaran adalah dengan :
a. Injektor (Nosel)
b. Pompa injeksi (Injection pump)
c. Pompa pemberi (Feed pump)
d. Karburator
e. Katup penyalur (Delivery valve)
54. Berikut adalah fungsi dari priming pump :
a. Menekan bahan bakar ke dalam ruang bakar
b. Mengembalikan sisa kelebihan bahan bakar ke tanki bahan bakar
c. Menekan udara dari pompa injeksi ke dalam ruang pembakaran
d. Menekan udara dari system bahan bakar agar keluar pada saat mesin mati
e. Menekan udara dari system bahan bakar agar keluar pada saat mesin hidup
55. Motor diesel yang dilengkapi dengan busi pijar (Glow plug) tergolong dalam :
a. Motor diesel putaran tinggi
b. Motor diesel putaran rendah
c. Motor diesel injeksi langsung
d. Motor diesel injeksi tidak langsung
e. Motor diesel 4 tak
56. Terjadinya pembakaran dalam motor diesel disebabkan oleh :
a. Percikan api pada busi (spark plug)
b. Percikan api pada busi pijar (glow plug)
c. Semprotan bahan bakar oleh nosel
d. Udara yang dihisap ke dalam silinder saat langkah hisap piston
e. Tekanan udara saat kompresi yang mampu membakar bahan bakar saat diinjeksikan
57. Katup penyalur (delivery valve) dalam system bahan bakar diesel difungsikan untuk :
a. Mencegah turunnya tekanan bahan bakar di belakang nosel pada saat akhir injeksi
b. Mencegah tetesan bahan bakar pada nosel pada saat akhir injeksi
c. Mengatur tekanan injeksi pompa
d. Mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan
e. Menyalurkan bahan bakar dari nosel ke dalam ruang pembakaran
58. Governor sentrifugal pada pompa injeksi berfungsi untuk
a. Mengatur jumlah bahan bakar yang diinjeksikan
b. Menaikan putaran motor
c. Mengendalikan putaran motor agar stabil pada setiap tingkat putaran
d. Menurunkan putaran motor
e. Mamajukan saat injeksi bahan bakar
59. Controll rack pada pompa injeksi in line bergeser untuk menggerakkan :
a. Barell agar berputar
b. Barell agar naik atau turun
c. Plunger pompa agar naik atau turun
d. Plunger agar berputar
e. Rack pinion agar barell berputar
60. Pompa injeksi tipe rotary (distributor) VE menggunakan plunger :
a. Single untuk melayani multi silinder
b. Single untuk melayani mono silinder
c. Multi untuk melayani multi silinder
d. Multi untuk melayani mono silinder
e. Double untuk melayani multi silinder
61. Yang berfungsi sama dengan poros nok (cam shaft) pompa injeksi in line, pada pompa rotary VE adalah:
a. Poros pemutar (drive shaft)
b. Cincin pembocor (spill ring)
c. Lubang pembocor (spill port)
d. Plat pendorong (cam plate)
e. Tappet (lifter)
62. Pengatur jumlah bahan bakar yang dinjeksikan oleh pompa injeksi rotary dilakukan oleh :
a. Feed pump
b. Feed hole
c. Spill ring dan spill port
d. Controll grove
e. Controll sleeve
63. Untuk mematikan aliran bahan bakar dari fuel chamber (rotary type) ke suction port, kunci kontak (switch) di off kan, dengan tujuan :
a. Feed pump berhenti berputar
b. Drive shaft berhenti berputar
c. Plunger berhenti berputar
d. Cam plate berhenti berputar
e. Fuel cut off solienoid menutup saluran
64. Governor unit yang dipakai pada pompa rotary adalah :
a. Tipe vacuum
b. Tipe kombinasi vacuum dan centrifugal
c. Tipe centrifugal
d. Tipe hidroulic
e. Tipe phneumatic
65. Cara kerja Automatic timer pompa injeksi rotary tipe VE berdasarkan :
a. Kevacuuman intake manifold
b. Centrifugal weight governor
c. Tekanan hidroulic bahan bakar dalam fuel chamber
d. Phneumatic pompa
e. Jumlah bahan bakar dalam system
66. Bila tuas gas pada pompa rotary ditarik, maka yang berubah adalah :
a. Plunger lebih maju
b. Plunger jadi mundur
c. Spill ring bergerak mundur
d. Spill ring tidak bergerak
e. Spill ring bergerak maju
67. Bila spill ring digeser maju, maka yang terjadi adalah :
a. Tidak terjadi perubahan apapun pada system pemompaan
b. Pemompaan jumlah bahan bakar menjadi berkurang
c. Pemompaan jumlah bahan bakar tetap
d. Pemompaan jumlah bahan bakar bertambah
e. Pemompaan jumlah bahan bakar tidak ada
68. Bila piston automatic timer bergeser (VE type) , maka yang berubah adalah :
a. Cam plate berputar lebih cepat
b. Cam plate berputar lebih lambat
c. Roller pendorong cam plate bergerak mundur
d. Roller pendorong cam plate bergerak maju
e. Panjang langkah injeksi pompa
69. Nosel yang memiliki lubang banyak pada ujungnya disebut :
a. Tipe throttle
b. Tipe Pintle
c. Tipe single hole
d. Tipe multi hole
e. Tipe multi pin
70. Tekanan pengabutan nosel tipe multi hole adalah :
a. Sama besar dengan tipe single hole
b. Sama besar dengan tipe pintle
c. Sama besar dengan tipe throttle
d. Lebih rendah dari tipe single hole
e. Lebih besar dari tipe single hole
71. Untuk memperbaiki mutu pengabutan menjadi lebih halus, maka dilakukan dengan jalan :
a. Menambah lubang pada ujung nosel
b. Menaikan tekanan pengabutan
c. Menurun tekanan pengabutan
d. Mengganti jenis bahan bakarnya
e. Mengganti nosel
72. Dengan mengeraskan buat pengatur tekanan nosel, mengakibatkan :
a. Panjang nosel menjadi berkurang
b. Pegas penekan jarum nosel menjadi lebih lemah
c. Panjang nosel menjadi bertambah
d. Pegas penekan jarum nosel menjadi lebih pendek
e. Tekanan pengabutan menjadi lebih rendah
73. Menetesnya bahan bakar di ujung nosel pada akhir injeksi disebabkan oleh :
a. Bahan bakar yang tidak sesuai
b. Tekanan pompa injeksi terlalu tinggi
c. Tekanan pompa injeksi terlalu rendah
d. Lubang nosel tersumbat
e. Pegas penekan jarum nosel lemah
74. Nosel tipe single hole dipasangkan pada :
a. Saluran masuk (intake manifold)
b. Ruang bakar utama (main combustion chamber)
c. Ruang bakar muka (pre combustion chamber)
d. Bagian belakang katup hisap
e. Bagian belakang katup buang
75. Bentuk pengabutan yang baik adalah :
a. Mengumpul
b. Menyebar dan tidak merata
c. Kasar dan dan tidak merata
d. Halus dan merata
e. Halus dan tidak merata
76. Bahan bakar diesel menggunakan solar, karena :
a. Solar bersifat lebih mudah terbakar dari pada bensin
b. Solar bersifat menghasilkan tenaga lebih besar
c. Solar harganya jauh lebih murah
d. Asap yang keluar dari knalpot lebih bersih
e. Solar bersifat melumasi bagian bagian yang dilewatinya
77. Bila udara masuk ke dalam system bahan bakar diesel, mengakibatkan :
a. Penggunaan bahan bakar menjadi lebih hemat
b. Motor susah hidup, karena udara menghambat aliran bahan bakar
c. Motor mudah hidup, karena udara ikut mendorong aliran bahan bakar
d. Penggunaan bahan bakar tidak terpengaruh
e. Penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros
78. Water sedimenter pada system bahan bakar diesel berfungsi :
a. Menahan air agar tidak masuk ke dalam system bahan bakar
b. Menghilangkan air dalam system bahan bakar
c. Memberi isyarat bila dalam system bahan bakar kemasukan air
d. Menyaring bahan bakar agar menjadi lebih bersih
e. Meningkatkan kualitas bahan bakar
79. Glow plug (busi pijar) berfungsi untuk :
b. Memanaskan ruang bakar utama
c. Membakar bahan bakar selama proses pembakaran
d. Memanaskan ruang bakar bantu selama proses pembakaran
e. Memanaskan ruang bakar bantu selama start dan mesin masih dingin
80. Menghidupkan glow plug yang benar adalah :
a. Terus menerus selama mesin hidup
b. Sesaat saja ( + 15 detik ) sebelum mesin distart
d. Sesaat saja ( + 15 detik ) sebelum mesin dimatikan
e. Selama mesin mati, agar suhu kerja mesin terjaga
81. Setiap mesin melakukan
satu kali langkah torak,
berapa kali kah crankshaft
akan berputar ...
a. ½
b. 1
c. 2
d. 3
e. 4
Jawab : b
82. Dibawah ini adalah
keuntungan dari mesin
bensin dibanding mesin
diesel ...
a. Kecepatannya tinggi
dan tenaga besar
b. Kecepatannya rendah
dan tenaga besar
c. Kecepatannya tinggi
dan tenaga kecil
d. Kecepatannya rendah
dan tenaga rendah
e. Jawaban semua benar
Jawaban : a
83. Pada langkah apakah
busi mempercikan bunga
apai ...
a. Langkah hisap
b. Akhir langkah kompresi
c. Langkah usaha
d. Langkah buang
e. Langkah ekpansi
Jawaban : b
84. Terbuat dari bahan
apakah blok silinder itu ...
a. Besi tuang
b. Besi beton
c. Besi mulia
d. Perunggu
e. Seng
Jawaban : b
85. Bagian atas yang
terpasang dengan blok
silinder adalah ...
a. Poros engkol
b. Kepala silinder
c. Bak oli
d. Roda penerus
e. Bantalan
Jawaban : b
86. Ruang bakar memiliki
jumlah tipe ...
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1
e. 5
Jawaban : a
87. Komponen yang
berfungsi untuk
mencegah kebocoran gas
pembakaran, air
pendingin dan oli, yang
letaknya diantara blok
silinder dan kepala silinder
adalah ...
a. Separator
b. Drain hole
c. Water jacket
d. Piston
e. Gasket
Jawaban : e
88. Komponen yang
berfungsi untuk menjaga
agar permukaan oli tetap
rata ketika kendaraan pada
posisi miring adalah ...
a. Gasket
b. Piston
c. Flywheel
d. Separator
e. Drain hole
Jawaban : d
89. Untuk mencegah
pemuaian piston harus
ada jarak yang tersedia
dengan temperatur ruang
250c disebut ...
a. Piston clearance
b. Separator
c. Oil control ring
d. Pegas
e. Drain hole
Jawaban : a
90. Berapakah celah torak
antara torak dan dinding
silinder ...
a. 0,02 -0,3 mm
b. 0,02 – 0,12 mm
c. 0,02 – 0,05 mm
d. 0,05 – 0,12 mm
e. 0,2 – 0,12 mm
Jawaban : b
91. Komponen yang
berfungsi untuk
mencegah kebocoran
campuran udara dan
bensin, dan gas
pembakaran dari ruang
bakar ke bak engkol
selama langkah kompresi
dan usaha adalah ...
a. Pegas pengontrol oli
b. Celah ujung pegas
c. Pena torak
d. Pegas kompresi
e. Integral
Jawaban : d
92. Besarnya celah ujung
pegas adalah ...
a. 0,2 – 0,5 mm
b. 0,5 – 0,10 mm
c. 0,02 – 0,12 mm
d. 0,2 – 0,12 mm
e. 0,10 – 0,20 mm
Jawaban : a
93. Suatu kompone yang
berhubungan dengan
poros engkol adalah ...
a. Bantalan
b. Small end
c. Big end
d. Crank arm
e. Crank pin
Jawaban : c
94. Tempat melekatnya
piston pada poros engkol
adalah ...
a. Oilhole
b. Crank journal
c. Crank pin
d. Crank arm
e. Counter balance weight
Jawaban : c
95. Komponen yang
berfungsi untuk
menyimpan moment
tenaga putaran adalah ...
a. Roda penerus
b. Bantalan
c. Pena torak
d. Batang penekan
e. Poros engkol
Jawaban : a
96. Yang berfungsi untuk
menjamin keseimbangan
putaran yang ditimbulkan
elama mesin beroperasi
pada poros engkol
adalah ...
a. Oilhole
b. Crank pin
c. Crank Journal
d. Crank arm
e. Counter balance weight
Jawaban : e
97. Apa akibatnya apabila
celah torak terlalu
sempit ...
a. Mesin akan terawat
b. Akan merusak dinding
silinder
c. Tekanan kompresi
bagus
d. Kemampuan mesin
turun
e. Merusak piston
Jawaban : b
98. Yang berfungsi untuk
menghubungkan torak ke
poros engkol dan
selanjutnya meneruskan
tenaga yang dihasilkan
oleh torak ke poros
engkol ...
a. Pena torak
b. Batang torak
c. Pegas torak
d. Small end
e. Crank pin
Jawaban : b
99. Komponen yang
berfungsi untuk
membantu sistem
pendinginan pada blok
silinder adalah ...
a. Water Jacket
b. Rib
c. Gasket
d. Separator
e. Crank case
Jawaban : a
100. Ada berapakah model
mekanisme katup ...
a. 2
b. 4
c. 3
d. 5
e. 6
Jawaban : c
Berbagai Sumber
81. Setiap mesin melakukan
satu kali langkah torak,
berapa kali kah crankshaft
akan berputar ...
a. ½
b. 1
c. 2
d. 3
e. 4
Jawab : b
82. Dibawah ini adalah
keuntungan dari mesin
bensin dibanding mesin
diesel ...
a. Kecepatannya tinggi
dan tenaga besar
b. Kecepatannya rendah
dan tenaga besar
c. Kecepatannya tinggi
dan tenaga kecil
d. Kecepatannya rendah
dan tenaga rendah
e. Jawaban semua benar
Jawaban : a
83. Pada langkah apakah
busi mempercikan bunga
apai ...
a. Langkah hisap
b. Akhir langkah kompresi
c. Langkah usaha
d. Langkah buang
e. Langkah ekpansi
Jawaban : b
84. Terbuat dari bahan
apakah blok silinder itu ...
a. Besi tuang
b. Besi beton
c. Besi mulia
d. Perunggu
e. Seng
Jawaban : b
85. Bagian atas yang
terpasang dengan blok
silinder adalah ...
a. Poros engkol
b. Kepala silinder
c. Bak oli
d. Roda penerus
e. Bantalan
Jawaban : b
86. Ruang bakar memiliki
jumlah tipe ...
a. 4
b. 3
c. 2
d. 1
e. 5
Jawaban : a
87. Komponen yang
berfungsi untuk
mencegah kebocoran gas
pembakaran, air
pendingin dan oli, yang
letaknya diantara blok
silinder dan kepala silinder
adalah ...
a. Separator
b. Drain hole
c. Water jacket
d. Piston
e. Gasket
Jawaban : e
88. Komponen yang
berfungsi untuk menjaga
agar permukaan oli tetap
rata ketika kendaraan pada
posisi miring adalah ...
a. Gasket
b. Piston
c. Flywheel
d. Separator
e. Drain hole
Jawaban : d
89. Untuk mencegah
pemuaian piston harus
ada jarak yang tersedia
dengan temperatur ruang
250c disebut ...
a. Piston clearance
b. Separator
c. Oil control ring
d. Pegas
e. Drain hole
Jawaban : a
90. Berapakah celah torak
antara torak dan dinding
silinder ...
a. 0,02 -0,3 mm
b. 0,02 – 0,12 mm
c. 0,02 – 0,05 mm
d. 0,05 – 0,12 mm
e. 0,2 – 0,12 mm
Jawaban : b
91. Komponen yang
berfungsi untuk
mencegah kebocoran
campuran udara dan
bensin, dan gas
pembakaran dari ruang
bakar ke bak engkol
selama langkah kompresi
dan usaha adalah ...
a. Pegas pengontrol oli
b. Celah ujung pegas
c. Pena torak
d. Pegas kompresi
e. Integral
Jawaban : d
92. Besarnya celah ujung
pegas adalah ...
a. 0,2 – 0,5 mm
b. 0,5 – 0,10 mm
c. 0,02 – 0,12 mm
d. 0,2 – 0,12 mm
e. 0,10 – 0,20 mm
Jawaban : a
93. Suatu kompone yang
berhubungan dengan
poros engkol adalah ...
a. Bantalan
b. Small end
c. Big end
d. Crank arm
e. Crank pin
Jawaban : c
94. Tempat melekatnya
piston pada poros engkol
adalah ...
a. Oilhole
b. Crank journal
c. Crank pin
d. Crank arm
e. Counter balance weight
Jawaban : c
95. Komponen yang
berfungsi untuk
menyimpan moment
tenaga putaran adalah ...
a. Roda penerus
b. Bantalan
c. Pena torak
d. Batang penekan
e. Poros engkol
Jawaban : a
96. Yang berfungsi untuk
menjamin keseimbangan
putaran yang ditimbulkan
elama mesin beroperasi
pada poros engkol
adalah ...
a. Oilhole
b. Crank pin
c. Crank Journal
d. Crank arm
e. Counter balance weight
Jawaban : e
97. Apa akibatnya apabila
celah torak terlalu
sempit ...
a. Mesin akan terawat
b. Akan merusak dinding
silinder
c. Tekanan kompresi
bagus
d. Kemampuan mesin
turun
e. Merusak piston
Jawaban : b
98. Yang berfungsi untuk
menghubungkan torak ke
poros engkol dan
selanjutnya meneruskan
tenaga yang dihasilkan
oleh torak ke poros
engkol ...
a. Pena torak
b. Batang torak
c. Pegas torak
d. Small end
e. Crank pin
Jawaban : b
99. Komponen yang
berfungsi untuk
membantu sistem
pendinginan pada blok
silinder adalah ...
a. Water Jacket
b. Rib
c. Gasket
d. Separator
e. Crank case
Jawaban : a
100. Ada berapakah model
mekanisme katup ...
a. 2
b. 4
c. 3
d. 5
e. 6
Jawaban : c