Rpp Matematika Kelas 5 Sd


Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan aneka macam bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menjumlahkan pecahan berpenyebut tidak sama
o        Menjumlahkan pecahan biasa dengan pecahan campuran
o        Menjumlahkan pecahan adonan dengan persen dan desimal serta campuran

C.      Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan  (Hlm. 2)
o        Menjumlahkan dan mengurangkan aneka macam bentuk pecahan (Hlm. 4)
o        Pemecahan persoalan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan pola soal hlm. 5
o        Menugaskan mengerjakan latihan 5 Hlm. 6
o        Menjelaskan pola soal hlm. 6
o        Menugaskan mengerjakan latihan 6 Hlm. 7
o        Menjelaskan pola Hlm. 7
o        Menjelaskan pola Hlm. 8



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mencatat dan memahami cara pengerjaan pola dan latihan latihan 5 dan 6 
mengerjakan kiprah dari guru

100
3.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 7 Hlm. 8
o        Menugaskan mengerjakan latihan 8 Hlm  9


Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.


 Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan keempat / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan aneka macam bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menjumlahkan pecahan biasa dengan persen dan pecahan desimal
o        Menjumlahkan tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut

C.      Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan  (Hlm. 2)
o        Menjumlahkan dan mengurangkan aneka macam bentuk pecahan (Hlm. 4)
o        Pemecahan persoalan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan pola soal hlm. 19
o        Menugaskan mengerjakan latihan 9 Hlm.10
o        Menjelaskan pola soal hlm. 10
o        Menugaskan mengerjakan latihan 10 Hlm.11
o        Menjelaskan pola soal hlm. 11
o        Menugaskan mengerjakan latihan 11 Hlm.12
o        Menjelaskan pola soal hlm. 12



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mencatat dan memahami cara pengerjaan pola dan latihan latihan 5 dan 6 
mengerjakan kiprah dari guru


100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o        Menugaskan mengerjakan latihan 12 Hlm.12



Mendengarkan motivasi guru

Mengerjakan pekerjaan rumah

10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.







Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan kempat / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan aneka macam bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Mengurangkan pecahan dari bilangan asli
o        Mengurangkan pecahan berpenyebut tidak sama dan pecahan biasa dari pecahan campuran
o        Mengurangkan dua pecahan adonan serta tiga pecahan berpenyebut tidak sama secara berturut-turut

C.      Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan  (Hlm. 2)
o        Menjumlahkan dan mengurangkan aneka macam bentuk pecahan (Hlm. 4)
o        Pemecahan persoalan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan pola soal hlm. 13
o        Menugaskan mengerjakan latihan 13 Hlm.14
o        Menjelaskan pola soal hlm. 14
o        Menugaskan mengerjakan latihan 14 Hlm.15
o        Menjelaskan pola soal hlm. 15
o        Menugaskan mengerjakan latihan 15 Hlm.16
o        Menjelaskan pola soal hlm. 16
o        Menjelaskan pola soal hlm. 17



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan


Mencatat dan memahami cara pengerjaan pola dan latihan latihan 13 s.d 17

mengerjakan kiprah dari guru



100

3.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 16 Hlm.16
o        Menugaskan mengerjakan latihan 17 Hlm.17



Mendengarkan motivasi guru
Mengerjakan pekerjaan rumah

10

Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.


 

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Kelima dan keenam / 2 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan aneka macam bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut tidak sama
o        Pengurangan pecahan dengan persen dan desimal

C.      Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan  (Hlm. 2)
o        Menjumlahkan dan mengurangkan aneka macam bentuk pecahan (Hlm. 4)
o        Pemecahan persoalan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika M Khafid Erlangga kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan pola soal Hlm. 17 yakni menyamakan penyebut dengan memilih KPK dari tiga penyebut
o        Menugaskan mengerjakan latihan 17, Hlm. 17
o        Menjelaskan pola soal Hlm. 17 yakni menyamakan penyebut dengan memilih KPK dari tiga penyebut
o        Menugaskan mengerjakan latihan 18, Hlm. 18
o        Menjelaskan pola soal Hlm. 19





o        Menugaskan mengerjakan latihan 19, Hlm. 19
o        Menjelaskan pola soal Hlm. 20



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan


Mencatat dan memahami cara pengerjaan pola dan latihan latihan 17 s.d 20

mengerjakan kiprah dari guru



100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o        Menugaskan mengerjakan latihan 20, Hlm. 20



Mendengarkan motivasi guru

Mengerjakan pekerjaan rumah



10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,         
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.


 
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Kettujuh dan kedelapan / 2 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerajakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.2   Menjumlahkan dan mengurangkan aneka macam bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menghitung penjumlahan dan pengurangan terhadap persoalan sehari-hari

C.      Materi Essensial
Operasi penjumlahan dan pengurangan  (Hlm. 2)
o        Menjumlahkan dan mengurangkan aneka macam bentuk pecahan (Hlm. 4)
o        Pemecahan persoalan sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan (Hlm. 21)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa mengumpulkan pekerjaan Rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan pola soal yang berkaitan dengan persoalan sehari-hari Hlm. 21

o        Menugaskan mengerjakan latihan 21 Hlm 22 dan latihan 22 Hlm. 23

o        Mengerjakan latihan pengayaan Hlm. 24



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan


Mencatat dan memahami cara pengerjaan pola dan latihan latihan 17 s.d 20

mengerjakan kiprah dari guru



100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan latihan
o        Menugaskan mengerjakan latihan 22 Hlm. 23



Mendengarkan motivasi guru

Mengerjakan pekerjaan rumah



10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.3   Mengalikan dan membagi aneka macam bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan adonan dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan adonan dengan persen dan sebaliknya

C.      Materi Essensial
Operasi Perkalian dan pembagian
o        Perkalian Pecahan (Hlm. 26)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan langkah pengerjaan pola soal soal, yakni tingkat pengerjaan operasi perkalian
-    pecahan biasa dengan pecahan biasa
-    pecahan biasa dengan pecahan adonan dan sebaliknya
-    pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-    pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-    perkalian pecahan adonan dengan persen
o        Menjelaskan penurunan rumus
o        Menugaskan :
-    Latihan 1 Hlm. 27
-    Latihan 2 Hlm. 28
-    Latihan 3 Hlm. 28
-    Latihan 4 Hlm. 29
-    Latihan 5 Hlm. 30
-    Latihan 6 Hlm. 31
-    Latihan 7 Hlm. 32


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mencatat dan memahami cara pengerjaan pola dan latihan latihan 1 s.d 9





Mencatat dan memahami penurunan rumus



mengerjakan kiprah dari guru



100

3.       Penutup
o        Memotivasi untuk mengerjakan soal
o        latihan 8 Hlm. 33 dan latihan 9 Hlm. 34


Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



HENNY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : ketiga dan keempat / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.3   Mengalikan dan membagi aneka macam bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan adonan dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan adonan dengan persen dan sebaliknya

C.      Materi Essensial
Operasi Perkalian dan pembagian
o        Pembagian pecahan (Hlm. 34)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan langkah pengerjaan pola soal soal, yakni tingkat pengerjaan operasi pembagian  yakni pengurangan berulang hingga habis pada :
-    pecahan biasa dengan pecahan biasa
-    pecahan biasa dengan pecahan adonan dan sebaliknya
-    pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
-    pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
-    perkalian pecahan adonan dengan persen

o        Menugaskan :
-    Latihan 10 Hlm. 35
-    Latihan 11 Hlm. 36
-    Latihan 12 Hlm. 37
-    Latihan 13 Hlm. 38
-    Latihan 14 Hlm. 38
-    Latihan 15 Hlm. 39
o       

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mencatat dan memahami cara pengerjaan pola dan latihan latihan 10 s.d 17








mengerjakan kiprah dari guru




100

3.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan Latihan 16 Hlm. 40 dan Latihan 17 Hlm. 41


Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



HENNY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.



Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Kelima dan keenam / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.3   Mengalikan dan membagi aneka macam bentuk pecahan

B.      Indikator
o        Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan adonan dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan desimal dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
o        Menghitung perkalian dan pembagian pecahan adonan dengan persen dan sebaliknya
o        Menghitung operasi hitung adonan aneka macam bentuk pecahan

C.      Materi Essensial
Operasi Perkalian dan pembagian
Menyelesaikan soal dongeng yang mengandung opersi hitung aneka macam bentuk pecahan (Hlm. 46)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan latihan pengayaan Hlm. 42
o        Menjelaskan pola Hlm. 43, 44 dan 45

o        Menugaskan :
-    Latihan 18 Hlm. 35

o        Menjelaskan cara menjawab pola Hlm. 46



o        Menugaskan mengerjakan:
-    latihan 20 Hlm. 46
-    latihan 21 Hlm. 46
-    latihan pengayaan Hlm. 49
-     

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

mengerjakan kiprah dari guru


Mencatat dan memahami cara pengerjaan pola dan latihan latihan 1 dan 2 

mengerjakan kiprah dari guru

100

3.       Penutup
o        Menugaskan Latihan 19 Hlm. 36 latihan 22 Hlm. 50


Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENNY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Pecahan
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.4   Menggunakan pecahan dalam persoalan perbandingan dan skala

B.      Indikator
o        Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
o        Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala

C.      Materi Essensial
Pecahan dan perbandingan
o        Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan (Hlm. 51)
o        Operasi Hitung dengan memakai Perbandingan dan skala (Hlm. 54)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



10
2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan langkah pengerjaan soal hlm. 51




Ada 3 buah bulat putih dari 5 bulat ditulis
Ada 2 buah bulat putih dari 5 bulat ditulis
o        Menjelaskan dan menugaskan latihan 1 Hlm. 51 dan latihan pengayaan Hlm. 53

o        Menjelaskan perbandingan pada suhu
Reamur (°R) : Celcius (°C) : Fahrenheit (°F) = 4 : 5 (+ 32°):

o        Menugaskan mengerjakan latihan 2, 3, hlm 55
o        Menjelaskan soal dongeng mengenai perbandingan dan skala
Skala = jarak pada peta : jarak benda
o        Menugaskan mengerjakan latihan 4 Hlm. 56,


Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan






Mencatat dan memahami cara pengerjaan pola dan latihan latihan 1 dan latihan pengayaan 

Mencatat cara mencari faktor prima


mengerjakan kiprah dari guru

100

3.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 5 Hlm. 57, dan latihan 6 Hlm. 58



Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.

Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Operasi Hitung Bilangan
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan keempat / 2 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
5.4   Menggunakan pecahan dalam persoalan perbandingan dan skala

B.      Indikator
o        Mengenal perbandingan sebagian dari keseluruhan sebagai pecahan
o        Menghitung perbanding untuk mengukur suhu dan skala

C.      Materi Essensial
Pecahan dan perbandingan
o        Mengenal arti pecahan sebagai perbandingan sebagian dengan keseluruhan (Hlm. 51)
o        Operasi Hitung dengan memakai Perbandingan dan skala (Hlm. 54)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan untuk mengumpulkan pekeraan rumah


Mencatat indikator



10

2.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan untuk menjawab Uji kompetensi Bab 4 Hlm. 61



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan dan mengerjakan kiprah dari guru

100

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk menjawab soal lebih teliti


Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu         : Pertama dan kedua / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.1   Mengidentifikasi sifat-sifat berdiri datar

B.      Indikator
o        Mengidentifikasi sifat-sifat berdiri segitiga dan persegi panjang
o        Menggambar berdiri segitiga dan persegi panjang
o        Mengidentifikasi sifat-sifat berdiri trapesium dan jajargenjang
o        Menggambar berdiri trapesium dan jajargenjang

C.      Materi Essensial
Bangun Datar dan Bangun ruang
o        Bangun datar (Hlm. 64)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B
o        penggaris

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Memberikan pertanyaan berapa jumlah sisi sebuah segitiga ?


Mencatat indikator

Siswa dibutuhkan menjawab 3 buah sisi

10

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan sifat-sifat segitiga dan menyebutkan macam segitiga :
-    segitiga sama sisi
-    segitiga sama kaki
-       segitiga siku-siku
-       segitiga sembarang
o        Menjelaskan cara mengambar segitiga
o        Menugaskan mengerjakan latihan 1 hlm. 65 dan latihan 2 Hlm. 67

o        Menjelaskan sifat-sifat dan cara menggambar persegi panjang
o        Menugaskan mengerjakan latihan 3 hlm. 68

o        Menjelaskan sifat-sifat dan cara menggambar trapesium dan jajaran genjang



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan



mengerjakan kiprah dari guru

100

3.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan latihan 4 hlm. 68 dan latihan 5 Hlm. 71


Mengerjakan pekerjaan rumah


10

Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.



Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu         : Ketiga dan keempat / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.1   Mengidentifikasi sifat-sifat berdiri datar

B.      Indikator
o        Mengidentifikasi sifat-sifat lingkaran
o        Menggambar bulat dengan jangka
o        Mengidentifikasi sifat-sifat belah ketupat
o        Menggambar belah ketupat

C.      Materi Essensial
Bangun Datar dan Bangun ruang
o        Bangun datar (Hlm. 64)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B
o        Pensil, jangka dan penggaris, penghapus

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa menciptakan bulat hanya dengan memakai pensil


Mencatat indikator

Memebuat lingkaran

10
2.       Kegiatan Inti
o        Memberikan pertanyaan apakah bulat yang kau buat berbentuk linghkaran yang tepat ?
o        Menugaskan benda-benda apa saja yang berbentuk lingkaran
o        Menjelaskan sifat-sifat dan cara menggambar lingkaran
o         
o        Menugaskan kiprah Hlm. 73

o        Menjelaskan sifat-sifat dan cara menggambar belah ketupat dan layang-layang

o        Menugaskan mengerjakan latihan 6 Hlm. 74


Siswa menjawab pertanyaan guru menurut apa yang telah digambar
Mengerjakan kiprah guru




Mengerjakan kiprah Hlm. 73

Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan

Mengerjakan kiprah guru


100

3.       Penutup
o        Menugaskan mengerjakan kegitan Hlm. 75



Mengerjakan pekerjaan rumah


10


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Bangun Datar dan Bangun Ruang
Pertemuan / waktu         : Pertama dan ketiga / 4 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.2   Mengidentifikasi sifat-sifat berdiri ruang

B.      Indikator
o        Mengidentifikasi sifat-sifat berdiri prisma tegak, Limas, dan Kerucut
o        Menggambar berdiri prisma tegak, Limas, dan Kerucut

C.      Materi Essensial
Bangun Ruang (Hlm. 75)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B
o        Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Memberikan pertanyaan berapa jumlah rusuk sebuah prisma tegak segiempat



Mencatat indikator

Siswa dibutuhkan menjawab 12 buah rusuk

15

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan sifat-sifat dan cara mengambar  Bangun Ruang ;
-    Tabung
-    Prisma tegak segiempat
-    Limas segiempat
-    Limas segitiga
-    Kerucut


o        Menugaskan mengerjakan latihan 7 hlm. 77, latihan 8 Hlm. 78 dan latihan 9 Hlm. 79




Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




mengerjakan kiprah dari guru latihan 7 hlm. 77, latihan 8 Hlm. 78 dan latihan 9 Hlm. 79


150

3.       Penutup
o        latihan 10 hlm. 80, latihan 11 Hlm. 81 dan latihan 12 Hlm. 83
o        Tugas Hlm . 82



Mengerjakan pekerjaan rumah


15


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Bangun Datar dan Bangun Ruang
Pertemuan / waktu         : Pertama dan ketiga / 6 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.3   Menentukan jaring-jaring aneka macam berdiri ruang sederhana

B.      Indikator
o        Membuat jaring-jaring berdiri ruang sederhana

C.      Materi Essensial
Bangun Ruang (Hlm. 75)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B
o        Pensil, jangka, penggaris, dan penghapus.

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan
o        Menugaskan siswa untuk mengunmpulkan pekerjaan rumah



Mencatat indikator

Mengumpulkan pekerjaan rumah

15

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan cara menciptakan jaring-jaring bagun ruang sederhana

o        Menjelaskan bahwa jaring-jaring bagun ruang sederhana dapat dibentuk lebih dari satu

o        Menugaskan untuk mengerjakan kiprah Hlm. 85



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan




mengerjakan kiprah dari guru

150

3.       Penutup
o        Menugaskan untuk mengerjakan latihan 13 hlm. 86



Mengerjakan pekerjaan rumah


15



Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu         : Pertama dan ketiga / 6 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.4   Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri

B.      Indikator
o        Menunjukkan sifat-sifat kesebangun antarbangun
o        Menunjukkan dan memilih sifat-sifat simetri lipat dan simetri putar

C.      Materi Essensial
Kesebanguan dan Simetri pada berdiri Datar
o        Menunjukkan kesebangun antarbangun datar (Hlm. 88)
o        Menentukan simetri lipat dan simetri putar (Hlm. 91)

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

  1. Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik

1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan



Mencatat indikator



15

2.       Kegiatan Inti
o        Menjelaskan simetri lipat dan cara mencari simetri lipat
o        Menjelaskan pola soal Hlm. 92
o        Menugaskan mengerjakan latihan 2 Hlm. 92
o        Menjelaskan simetri putar dan cara mencari simetri lipat
o        Menugaskan untuk menyebutkan berdiri yang mempunyai simetri lipat dan putar



Memperhatikan dan mencatat apa yang diterangkan


Mencatat dan memahami cara pengerjaan pola dan latihan latihan 1 dan 2 


150

3.       Penutup
o        Mengerjakan latihan 3 Hlm. 95


Mengerjakan pekerjaan rumah


15


Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu         : Pertama / 2 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.5   Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan berdiri datar dan berdiri ruang sederhana

B.      Indikator
o        Menghitung persoalan yang berkaitan dengan bnagun datar dan berdiri ruang sederhana

C.      Materi Essensial
Sifat-Sifat Bangun
Uji kompetensi belahan 5 Hlm. 97

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



5
2.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan menjawab soal yang erkaitan dengan berdiri datar dan ruang sederhana

o        Menugaskan Untuk mengerjakn uji kompetensi belahan 5. Hlm. 96


mengerjakan kiprah dari guru


mengerjakn uji kompetensi Bab 5

50

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal dan mengulang klembali bahan yang sudah dipelajari



Mendengarkan motivasi yang diberikan guru



5



Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

Bandung,        
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.
















Mata Pelajaran              : MATEMATIKA
Materi Pokok                 : Sifat-Sifat Bangun
Pertemuan / waktu         : kedua / 2 x 35 menit
Metode                         : Ceramah dan mengerjakan soal

A.      Kompetensi Dasar
6.5   Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan berdiri datar dan berdiri ruang sederhana

B.      Indikator
o        Menghitung persoalan yang berkaitan dengan berdiri datar dan berdiri ruang sederhana

C.      Materi Essensial
Latihan soal Akhir Tahun

D.      Media Belajar
o        Buku matematika kelas V jilid 5B

E.      Rincian Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu (menit)
Pendidik
Peserta didik
1.       Pendahuluan
o        Membacakan indikator dan kompetensi yang diharapkan


Mencatat indikator



5

2.       Kegiatan Inti
o        Menugaskan Untuk mengerjakan Latihan soal Akhir Tahun Hlm. 99



Mengerjakan Latihan soal Akhir Tahun Hlm. 99

50

3.       Penutup
o        Memberikan motivasi untuk lebih rajin mengerjakan soal dan mengulang klembali bahan yang sudah dipelajari



Mendengarkan motivasi yang diberikan guru



10





Mengetahui
Kepala Sekolah



HENY IRAWATI, S.Pd. SD

BANDUNG,
Guru Mata Pelajaran



EMMA SETIAMULYATI, S.Pd.



Berbagai Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel